8 Tips Memilih Sandal Gunung yang Murah dan Nyaman untuk Mendaki

8 Tips Memilih Sandal Gunung yang Murah dan Nyaman untuk Mendaki

Dalam memilih sandal gunung untuk pendakian Anda, Anda tidak boleh sembarangan lho. Karena bisa berimbas pada banyak hal, yang paling utama adalah keselamatan. Berikut 8 tips memilih sandal untuk pendakian yang murah dan nyaman untuk pendakian Anda.
Perhatikan Alas Sandal

1. Perhatikan Alas Sandal
Anda sebaiknya memilih sandal dengan alas yang cukup keras agar senada dengan medan yang dilalui. Karena, ketika Anda memakai sandal dengan alas yang empuk, lalu membawa cukup barang bawaan yang berat, bisa membuat langkah kaki Anda terasa gontai dan pelan.


2. Mendingan yang Mana: Selop atau Jepit?
Well, ada dua jenis sandal untuk pendakian yaitu model selop dan model jepit. Model selop membuat Anda dapat menggunakan kaos kaki dengan jenis yang bebas. Sedangkan jika Anda menggunakan model jepit maka harus menggunakan kaus kaki yang memiliki bentuk ibu jari terpisah. Mending yang mana? Itu tergantung preferensi dan kenyamanan Anda.

3. Sesuaikan dengan Bentuk dan Ukuran Kaki
Sebelum membeli sandal outdoor, ada baiknya Anda mencoba terlebih dahulu untuk memastikan apakah nyaman atau tidak ketika Anda pakai. Selain itu, pastikan ukurannya pas di kaki Anda, tidak kekecilan maupun kebesaran. Aspek ini sangat penting mengingat medan pendakian yang akan ditapaki oleh kaki Anda terbilang ekstrim dan sulit dilalui.

4. Pilih Sandal dengan Bahan yang Nyaman dipakai
Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah sandal yang akan Anda gunakan untuk pendakian, ada baiknya Anda mengecek bahan yang digunakan. Pilih sandal outdoor dengan bahan yang kuat dan fleksibel. Hal itu akan berguna bagi Anda saat melewati berbagai mavam medan dan tahan lama sehingga bisa meminimalisir kendala alas kaki saat pendakian.

5. Pastikan Jahitannya Kuat
Satu hal penting lainnya yang perlu Anda perhatikan saat memilih sandal ini adalah memeriksa jahitan di setiap sisi. Pastikan Anda memilih sandal yang mempunyai jahitan yang kuat sehingga sandal itu tidak cepat rusak dan siap untuk menemani perjalanan mendaki Anda. Jika jahitan sandal kuat, hal itu bisa merepotkan Anda sendiri nantinya.

6. Perhatikan Grip pada Alas Sandal
Salah satu hal yang sangat berpengaruh dalam pemakaian sandal untuk mendaki adalah bentuk alas sandal. Sebaiknya, Anda memilih alas sandal dengan grip bagian depan yang menghadap ke belakang, sedangkan bagian belakang menghadap ke depan. Hal ini akan sangat membantu Anda nantinya saat melewati berbagai medan yang sulit dan ekstrim.

7. Ori Versus KW, Sandal Versus Sepatu
Saat ini banyak beredar sandal outdoor KW yang memiliki harga dan kualitas rendah. Anda sebaiknya tidak memilih sandal jenis ini demi keamanan mendaki. Pilihlah sandal original yang kualitasnya terjamin. Selain itu, sebenarnya sandal bukan perlengkapan yang baik untuk melakukan pendakian. Pendakian jauh lebih aman menggunakan sepatu gunung.

8. Pilih Sandal dengan Kualitas yang Baik dan Harga yang Terjangkau
Kualitas dan harga tidak melulu berbanding terbalik, lho. Ada kalanya juga berbanding lurus. Contohnya, sandal outdoor merek Eiger. Selain berkualitas tinggi, harganya juga cukup murah. Maka, Anda bisa menjadikan sandal merek ini sebagai salah satu perlengkapan mendaki karena kualitasnya yang baik, harganya yang terjangkau, dan tentunya dijamin kenyamanannya.

Nah demikian 8 tips memilih sandal untuk aktivitas mendaki Anda. Memilih sandal untuk pendakian memang gampang-gampang susah. Karena menyangkut soal kenyamanan dan keamanan juga. Tapi, sebagai saran, ada baiknya Anda tetap memakai sepatu gunung untuk aktivitas mendaki agar lebih aman. Gunakan sandal untuk perjalanan jangka pendek saja.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Tips Memilih Sandal Gunung yang Murah dan Nyaman untuk Mendaki"

Posting Komentar