Jangan Sampai Kulit Anak Terbakar Saat Di Pantai! Seperti Inilah Bahayanya

Jangan Sampai Kulit Anak Terbakar Saat Di Pantai! Seperti Inilah Bahayanya

Jangan Sampai Kulit Anak Terbakar Saat Di Pantai! Seperti Inilah Bahayanya
Baju renang penawaran Mothercare bisa menjadi salah satu pilihan tepat saat membawa buah hati berlibur ke pantai. Apalagi dalam hal ini kulit anak lebih mudah terbakar saat berada di bawah terik sinar matahari dalam waktu yang lama.

Tahukan Anda jika kulit anak ini masih sangat sensitif. Oleh sebab itu sangat mudah terbakar jika berada di bawah terik matahari terlalu lama. Apalagi pada saat di pantai. Sudah pasti sengatan sinar matahari akan lebih terasa.

Kondisi seperti ini tentunya bukan merupakan hal baik. Apalagi sering mengalami kulit terbakar seperti ini bisa meningkatkan resiko anak mengalami kanker kulit. Maka dari itu pada saat mengajak si kecil berlibur ke pantai, selain memilihkan baju renang anak yang tepat, ada beberapa hal lain yang perlu Bunda perhatikan.

Bahaya Kulit Terbakar Pada Anak

Kulit yang terbakar sebenarnya merupakan reaksi yang terlihat pada paparan kulit dikarenakan radiasi sinar ultraviolet (UV) dari matahari. Jadi sinar UV ini bisa terserap oleh kulit dan selanjutnya akan menjadi penyebab kerusakan pada kulit.

Anak-anak bisa dengan mudah mengalami kondisi kulit terbakar seperti ini. Hal ini tidak lain desebabkan karena kulit anak masih sangat sensitif. Selain itu anak-anak juga lebih sering menghabiskan waktu di luar ruangan saat bermain.

Resiko kulit anak terbakar akan menjadi lebih besar lagi jika Anda mengajaknya berlibur ke pantai. Secara, paparan sinar matahari di pantai akan lebih menyengat. Untuk itulah kenapa dalam hal ini Anda harus memilihkan baju renang yang tepat.

Sebab kondisi kulit terbakar seperti ini bukanlah hal kecil dan biasa. Jadi hal seperti ini perlu penanganan lebih lanjut lagi sebab bisa menjadi penyebab penuaan dini pada kulit. Selain itu hal yang lebih buruk lagi bisa terjadi, seperti halnya kanker kulit.

Gejala Kulit Terbakar Pada Anak

Dan ternyata kulit anak yang terbakar ini tidak langsung dapat dilihat. Umumnya reaksi kulit terhadap sinar matahari seperti ini mulai bisa kelihatan setelah beberapa jam. Dan akan menjadi lebih buruk sekitar 24 sampai dengan 28 jam kemudian.
Kulit anak yang terbakar umumnya memiliki gejala seperti kulit memerah, adanya pembengkakan pada kulit, kering, gatal, mengelupas, nyeri di kulit, pusing, demam dan panas dingin.

Cara Mengatasi Kulit Terbakar Pada Anak
Pada saat mengajak anak berlibur ke pantai, memilihkan baju renang yang tepat untuk anak hanyalah sebagai pencegahan supaya kulit anak tidak terbakar. Tetapi jika kulit anak sudah terlanjur terbakar, beberapa hal yang bisa Anda lakukana dalah:

1.    Minum Air yang Banyak
Jika masih meminum ASI, Bunda bisa memperbanyak memberikan ASI kepadanya. Tetapi jika sudah terbiasa dengan MPASI, Bunda bisa memberikan susu formula dan air putih.
Alasannya adalah air ini ternyata memiliki kemampuan untuk mempercepat kesembuah kulit anak yang terbakar tadi. Selain itu air juga dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang dikarenakan sinar matahari pantai.

2.    Kompres Kulit dengan Air Dingin
Mengompres dengan air dingin ini juga bisa mempercepat penyembuhan kulit yang sedang terbakar tadi. Kompres selama kurang lebih 10 sampai dengan 15 menit beberapa kali setiap harinya.

3.    Oleskan Pelembab pada Kulit Anak
Piilihlah pelembab berbahan dasar air yang tidak ada kandungan alkohol, gel lidah buaya, dan krim hidrokortison. Pemberian krim seperti ini akan membantu menghilangkan rasa gatal.

4.    Jaga Kulit Anak
Maksudnya adalah jaga sampai luka bakar sembuh sepenuhnya. Sebaiknya jika belum benar-benar sembuh, batasi anak terkena sinar matahari secara langsung. Dan sebaiknya hindari sinar matahari pada pukul 10.00 sampai dengan 16.00.

Jika memang ada niatan ingin mengajak liburan anak ke pantai, upayakan jangan sampai kulit anak terbakar. Pilihlah juga baju renang anak yang tepat. Dalam hal ini cobalah Anda manfaatkan saja penawaran Mothercare.   


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jangan Sampai Kulit Anak Terbakar Saat Di Pantai! Seperti Inilah Bahayanya"

Posting Komentar