Menjalankan Bisnis Kuliner Lewat Konsep Food Truck

Menjalankan Bisnis Kuliner Lewat Konsep Food Truck
Perkembangan bisnis kuliner memang menarik untuk diikuti dan dicermati. Perubahannya terkadang sangat cepat dan tergantung dari selera masyarakat. Salah satu usaha yang sedang kekinian adalah food truck. Bisnis food truck merupakan suatu jenis usaha yang menjual minuman dan makanan dalam kendaraan cukup besar seperti mobil atau truk. Kendaraan yang digunakan umumnya telah dimodifikasi menjadi sebuah dapur yang lengkap dan sekaligus untuk tempat berjualan.

Berkenalan Lebih Jauh Dengan Bisnis Food Truck
Di luar kendaraan terdapat jendela besar, agar para pelanggan dapat melihat proses pembuatan makanan. Bisnis ini merupakan terobosan baru dalam usaha kuliner. Kepopuleran dari jenis usaha ini dimulai dari tahun 2013. Terutama di kota-kota besar sudah banyak yang menggunakan konsep usaha kuliner seperti ini. Kendaraan yang berukuran besar dijadikan sebagai tempat memasak sekaligus bertransaksi.

1. Usaha food truck butuh kreativitas
Berbisnis dalam bidang kuliner memang membutuhkan kreativitas dan inovasi yang tinggi. Sehingga suatu usaha kuliner dapat bertahan lama di pasaran. Bisnis food truck merupakan sebuah terobosan baru dalam usaha kuliner. Sebenarnya food truck sudah ada lama di luar negeri. Namun, untuk di Indonesia baru akhir-akhir ini saja berkembang bisnis tersebut. Usaha food truck merupakan bisnis yang cukup menjanjikan. Karena bisa mendatangkan omzet yang cukup besar.

2. Tips dalam berbisnis 
Menjalani bisnis food truck, Anda harus memahami beberapa tips agar nantinya dapat sukses. Pertama, kenali resiko-resiko yang dapat terjadi. Umumnya suatu usaha dapat mengalami kegagalan pada dua bulan pertama. Hal ini karena tidak sanggup dalam menghadapi persaingan yang ketat. Kedua, ketika Anda ingin terjun dalam dunia bisnis, maka harus memiliki mental yang tangguh. Sehingga Anda dapat tetap kuat dalam persaingan bisnis yang ada. Selanjutnya, kelola sumber daya manusia secara efektif dan efisien. Nantinya, agar pekerjaan berjalan lancar tanpa kendali apapun. Untuk lebih menyukseskan usaha food truck Anda, maka bergabunglah bersama asosiasi. Serta yang paling penting dalam menjalankan usaha apapun, diperlukan komitmen untuk menjalani bisnis tersebut.

3. Beberapa hal yang harus disiapkan
Selain tips yang harus dipersiapkan, untuk membuka bisnis food truck Anda juga harus mempersiapkan beberapa hal lain. Sehingga usaha food truck dapat beroperasi. Pertama, dalam usaha pasti ada perizinannya. Begitu juga dengan food truck membutuhkan perizinan dari dinas kesehatan, izin truk, izin parkir dan sebagainya. Urusan perizinan dapat Anda urus dengan menghubungi pemerintah daerah setempat. Kemudian, untuk bisa berjualan, tentu harus memiliki senjata utama yaitu truk atau kendaraan. Jika belum memiliki kendaraan, Anda dapat sewa atau membeli mobil bekas dengan cara kredit. Tidak lupa yang selanjutnya adalah hal yang wajib ada yaitu menu makanan dan minuman yang hendak dijual. Beberapa hal lainnya yang harus dipikirkan dan tentu dipersiapkan adalah perencanaan bisnis yang matang, asuransi dan pengaturan anggaran.

Berjualan kuliner dalam kendaraan juga memiliki beberapa keuntungan. Pertama, ditinjau dari segi modal tidak terlalu besar dibandingkan dengan usaha kuliner konvensional. Karena biasanya harus menyewa lahan dan tempat sebagai tempat usaha. Biaya sewa untuk usaha akan jauh lebih tinggi. Sedangkan, jika menggunakan kendaraan, maka kendaraan tersebutlah sebagai tempat usahanya.

Keuntungan berikutnya adalah dapat berpindah-pindah tempat, sehingga bisa menemui banyak pelanggan. Sistem ini biasa disebut dengan sistem jemput pelanggan. Selanjutnya, promosikan melalui media sosial agar produk makanan yang dijual dapat laris manis di pasaran. Serta tidak lupa selalu up to date informasi mengenai keberadaan Anda kepada para pelanggan. Hal ini akan memudahkan konsumen untuk menemukan Anda. Demikianlah bisnis food truck, sangat menggiurkan bukan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menjalankan Bisnis Kuliner Lewat Konsep Food Truck"

Posting Komentar