Warning! 5 Penipuan Via Internet yang Canggih di Era Milenial


Zaman yang semakin canggih menyebabkan kemajuan di berbagai bidang. Kejahatan seperti penipuan pun ikut menjadi canggih. Saat ini, banyak penipuan via internet yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Para hacker tersebut bertujuan melakukan  pencurian data pribadi yang bisa menjadi akar tindak kejahatan lain. Berikut ini 5 jenis penipuan canggih lewat internet di era milenial.

1. Surel Palsu

Pernahkah Anda mendapat pesan surat elektronik palsu? Surel palsu sedang merebak saat ini dan menjadi sebuah teknik penipuan pada era modern ini. Surat elektronik tersebut bisa dari sumber manapun, misalnya dari suatu website, media sosial, dan sebagainya. Jika Anda mengunduh file lampiran ataupun mengeklik link yang tersedia, bisa jadi data pribadi sudah berpindah tangan. Untuk itu, waspadalah!

2. Lampiran yang Tak Terduga

Lampiran tak terduga menjadi jenis penipuan lewat internet yang marak dilakukan. Lampiran ini umumnya dikirim via email ataupun muncul secara tiba-tiba ketika kita sedang mengakses sebuah website. Lampiran ini bisa berupa file ataupun malware untuk memasang aplikasi. Hal-hal semacam ini merupakan tipuan dan tentunya berbahaya, di mana bisa menimbulkan virus ataupun mendeteksi informasi pribadi.

Baca juga artikel Jangan Cemas, Ikuti 4 Tips Efektif Lindungi Informasi Pribadi di Dunia Maya

3. Permohonan Pertemanan

Permohoan pertemanan di media sosial merupakan salah satu penipuan yang bisa terjadi. Saat Anda menerima permintaan pertemanan di media sosial dari orang yang sebelumnya tidak dikenal, maka jangan diterima karena bisa jadi seseorang tersebut berniat untuk mengambil informasi pribadi setelah Anda menerima permintaan pertemanan. Ada baiknya batasi pemberian informasi di media sosial agar lebih aman.

4. Wifi Gratis

Wifi gratis merupakan salah satu kemudahan layanan internet yang sangat diminati oleh setiap orang. Akan tetapi, keamanannya kita mulai diragukan. Hal ini bisa terjadi karena adanya pencurian akun melalui jaringan wifi publik. Penipuan melalui wifi gratis sangat dirisaukan. Sebaiknya, Anda tidak menghubungkan gadget dengan jaringan wifi gratis tanpa password, di mana dikhawatirkan akan berbahaya bagi data informasi pribadi.

5. Penggalangan Dana Palsu

Banyak penipuan yang berkedok hal-hal berbau kebaikan dan mengundang simpatik. Salah satunya adalah penggalangan dana palsu untuk membantu korban penindasan, korban bencana alam, dan sebagainya. Situs web amal palsu sudah banyak beredar dan mengedarkan tautan sebagai jalan untuk memberikan sumbangan melalui kartu perbankan. Penipu bisa mencuri informasi perbankan dan membobol rekening.

5 bentuk aksi penipuan lewat internet tersebut sangat disayangkan karena mengganggu dan meresahkan para pengguna internet. Jaringan untuk akses informasi dan komunikasi tanpa batas tersebut menjadi terganggu keamanannya. Penjelasan 5 jenis penipuan via internet tersebut bisa membantu Anda untuk lebih waspada. Anda dapat berhati-hati saat berselancar di internet, seperti gunakan password dan hindari akses ke situs yang mencurigakan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Warning! 5 Penipuan Via Internet yang Canggih di Era Milenial"

Posting Komentar